10/2/17

Apa itu Kesuksesan dan Kebahagiaan ??

Pertanyaan ini pastinya seringkali kita tanya kepada diri kita sendiri berulang-ulang kali dalam hidup. 

Siapa sih yang tidak mau kedua hal itu? Sukses dan Bahagia. Saya mau. Kamu mau. Semua orang juga mau.

Sebelum mulai membahas lebih lanjut, ada satu hal yang perlu benar-benar kita pahami : “Kita semua tidak sama”. Definisi bahagia dan sukses menurut kamu belum tentu sama seperti definisi yang aku punya.

Definisi sukses dan bahagia saya adalah kedamaian dan kebebasan. Kebebasan untuk menikmati kebersamaan dengan orang-orang yang aku sayangi walaupun hanya melakukan hal-hal simple atau bahkan saat tidak melakukan apa-apa dan kedamaian pikiran dan kehidupan.  

Generally, salah satu faktor paling penting yang harus kita pelajari untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan sebenarnya sama. Tidak peduli perbedaan definisi yang kita miliki tentang sukses dan bahagia, juga tidak melihat perbedaan jenis profesi kita (ada yang bekerja menjadi pengusaha, guru, karyawan kantoran, salesman, ibu rumah tangga, mahasiswa, dll..) 

Faktor paling pentingnya, yaitu : “Orang Lain”.

Jika kita memahami cara berhubungan dengan orang lain, kita akan mempunyai kemungkinan sukses sekitar 85% dalam semua hal ; bisnis, pekerjaan, profesi, pelajaran, dll. Dan sekitar 99% pencapaian menuju kebahagiaan diri.

Tapi kembali lagi, kita tidak boleh lupa bahwa pada akhirnya kesuksesan adalah tentang berusaha dan terus berusaha. Ada kalanya kita menang, ada kalanya kita kalah. Satu hal yang pasti, semakin sering kita mencoba, semakin besar juga kemungkinan kamu berhasil. Pastinya tidak ada yang bisa menjamin bahwa kita akan berhasil, tetapi yang pasti adalah jika kita tidak mencoba, 100% kita tidak akan berhasil.

Rumus Kesuksesan :
Action = 50% berhasil atau 50% tidak berhasil
No action / malas / stay in comfort zone = 100% tidak akan ada hasil

Jadi sudah tau apa definisi sukses buat kamu?
Siapa dan apa yang bisa membuat kamu bahagia?
Bagaimana hubungan kamu dengan orang lain? Apakah sudah oke? 

0 comments: